Friday, February 8, 2013

Suku Bunga KPR

Suku Bunga KPR Saat Ini

  1. KPR Primary (pembelian rumah/apartement baru) Developer PKS (yang sudah bekerja sama dengan bank) Suku bunga 6.75% (fix 2 tahun)
  2. KPR Primary (pembelian rumah baru) Developer Non PKS, suku bunga (9% fix 2 tahun)  
  3. KPR Secondary (pembelian rumah tangan ke II/bekas) suku bungan 9% (fix 2 tahun)
  4. KPR Multi Guna / Refinansing (menjaminkan sertipikat rumah) (11% (fix 2 tahun)
Perlu di analisa disetiap bank akan menentukan masing-masing ketetapan suku sesuai dengan produk masing-masing. Hal terpenting lagi, sebelum anda memilih bank adalah;

  • Tanyakan  bagaimana perincian suku bunga efektif (pasar) setelah masa fix(tetap) berahir. Umumnya beberapa bank menarik nasabahnya dengan suku bunga murah di awal, namun setelah suku bunga fix berahir, melonjak sangat tinggi
  • Kenaikan suku bunga setelah masa fix berahir adalah hal yg normal dalam bisnis perbankan, namun yang terpenting adalah berapa perbandingan antara pengembalian pokok pinjaman dan bunga bank. yang normal/wajar adalah; 70% banding 30%  (70% bunga dan 30% pokok) ini selama masa fix. Namun setelah masa fix berahir, perbandingan menjadi terbalik dimana harusnya 70% pokok, dan 30% bunga), itu adalah gambaran kasar, namun intinya yang saya maksud adalah, pengembalian pokok lebih besar dibanding pembayaran bunga.
  • PK (perjanjian kredit/MOU), beberapa bank terkadang melakukan kombinasi PK, dimana dalam PK dimasukkan sebagian kredit menjadi kredit komersil (non KPR), ini adalah trik mengikat nasabah secara halus agar suatu saat nasabah tidak dengan mudah dapat melakukan take over (pindah bank). Karena umumnya bank hanya meneripa take over dari satu jenis kredit yg sama yaitu misal; dari KPR ke KPR, atau dari KMK (kredit modal kerja) ke sesama KMK. jadi tidak bisa dari KMK ke KPR, atau sebaliknya. Nah jika PK anda terdiri dari KPR (sebagian) dan sebagian KMK, maka disitulah kesulian seorang nasabah ketika ingin take over. maka sebelum melakukan PK, pertanyakanlah secara detail terlebih dahulu.
  • Suku bunga pasar (setelah masa fix) atau dikenal dengan istilah "rate B.I."(bank indonesia), atau "counter rate" saat ini umumnya berkisar antara 11,5% s/d 12,5%. (sewaktu-wakru berubah)

No comments:

Post a Comment

Visit Our Facebook